Hubungan Kolesterol Dengan Sakit Kepala

Hubungan Kolesterol Dengan Sakit Kepala

Hubungan Kolesterol Dengan Sakit Kepala – Kenali kadar kolesterol dalam darah yang cukup penting sebagai upaya mencegah penyakit jantung dan penyumbatan di pembuluh darah di masa depan. Biasanya pemeriksaan bisa dilakukan dengan tes darah di laboratorium. Pemeriksaan sederhana bisa mengetahui jumlah kolesterol total, sedangkan untuk pemeriksaan yang lebih kompleks, kita bisa mendapatkan informasi tambahan seperti kolesterol LDL (kolesterol jahat), HDL (kolesterol baik), dan trigliserida. Tingkat kolesterol itu harus dilakukan secara teratur untuk melacak keseluruhan kesehatan tubuh.

Tingkat Kolesterol Tinggi dan Gejala Fisik Spesifik

Di sisi lain, ada tanda fisik yang bisa diamati untuk mendeteksi kadar kolesterol tinggi. Menurut dokter Aulia Sani, spesialis jantung dan pembuluh darah RS Sahid Sahirman, ada beberapa gejala yang mengindikasikan tingkat kolesterol seseorang tinggi dalam darah seperti gejala yang ada hubungannya kolesterol dengan sakit kepala.

Hubungan Kolesterol Dengan Sakit Kepala

  • Sakit kepala sering di bagian belakang kepala .
    Sakit kepala di bagian belakang kepala disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah di daerah sekitar kepala. Hal ini terjadi karena penyumbatan plak kolesterol mulai terbentuk di pembuluh darah. Jika dibiarkan, pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan stroke
  • Tangan dan kaki sering terasa sakit .
    Pembuluh darah di kaki dan tangan juga bisa tersumbat akibat akumulasi kolesterol. Penumpukan ini umumnya terjadi terus menerus dan membuat tangan dan kaki terasa sakit.
  • Sering kesemutan .
    Kesemutan di tangan dan kaki merupakan implikasi dari disfluensi aliran darah di bagian tubuh tertentu. Kesemutan yang berhubungan dengan syaraf tidak mendapatkan aliran darah. Ini karena aliran darah menjadi kental karena tingginya kadar kolesterol dalam darah.
  • Nyeri dada kiri .
    Kiri dada berhubungan dengan jantung yang bertindak sebagai pemompaan darah. Penyumbatan pembuluh darah di sekitar jantung bisa menyebabkan rasa sakit seperti tertusuk. Rasa sakit bahkan bisa menyebar sampai ke leher. Nyeri dada juga bisa menjadi tanda serangan jantung. Kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa kadar kolesterol darah terlalu tinggi.
  • Sakit leher dan bahu .
    Leher dan bahu yang terasa sakit juga merupakan implikasi dari disfluencies aliran darah di pembuluh darah di daerah tersebut. Disfluensi darah juga menyebabkan penyumbatan pembuluh darah akibat kadar kolesterol tinggi.

Nah itulah mengapa penderita penyakit kolesterol sering sakit dikepala. Oleh karena itu segeralah atasi dan tangani secara serius agar penyakit mematikan tidak kita rasakan suatu hari nanti.

Baca Jiga : Manfaat Buah Semangka Untuk Kolesterol

Hubungan Kolesterol Dengan Sakit Kepala

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *