Manfaat Buah Sirsak Untuk Kolesterol

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kolesterol – Sirsak (Annona muricata) sebenarnya adalah anggota keluarga tanaman unik, Annonaceae, yang anggotanya termasuk cherimoya, custard apple dan sugar apple atau pinha. Pohon sirsak memiliki buah yang tampak aneh dan berasal dari daerah tropis di Amerika. Sirsak dikenal dengan sejumlah nama berbeda tergantung pada negara budidayanya. Nama, sirsak sebenarnya berasal dari zuurzak Belanda yang berarti “kantong asam.” Di sebagian besar wilayah tropis di dunia, di mana tanaman tumbuh, pohon ini sering disebut sebagai pohon ajaib. Hal ini juga dikenal sebagai Pawpaw Brasil, Guanabana, Apoteker Prickly Custard, Sirsak Sirsin, Corossol dan Sugar Apple dan merupakan buah tropis yang berduri dan hijau yang beratnya bisa mencapai 15 kilogram. Banyak bagian tanaman bisa dikonsumsi tapi biji dan kulit kayu dianggap beracun dan mengandung alkaloid beracun seperti anonaine, muricine, dan asam hidrosianat.

Sirsak adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi manusia. Buah sirsak diyakini bisa mencegah dan mengobati penyakit sariawan. Kayu itu bisa digunakan sebagai kayu bakar atau bahan kerajinan. Sedangkan daunnya bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.
Manfaat kesehatan daun sirsak

Mungkin masih ada orang yang tahu tentang hal itu. Karena itu, di sini saya akan berbagi dengan Anda semua tentang manfaat daun sirsak yang lebih baik Anda mengetahuinya.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kolesterol

Menurunkan kolesterol
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak cukup ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Daun sirsak mengandung zat yang bisa menyingkirkan kolesterol jahat dari tubuh Anda. Biasanya, ini timbul akibat kolesterol jahat Anda kurang selektif dalam memilih makanan. Contoh makanan yang kaya akan kolesterol jahat adalah ayam goreng, gorengan, dan makanan yang banyak mengandung minyak. Apalagi kalau saat ini sedang menggoreng, minyak goreng yang digunakan berulang kali sampai warnanya hitam. Begitulah kolesterol jahat akan masuk ke tubuh untuk menyebarkan penyakit berbahaya.

Dr Lili berharap penelitiannya dapat menjadi pintu bagi penelitian-penelitian ilmiah lainnya soal manfaat tanaman herbal. Ke depannya, penelitian haruslah difokuskan untuk tersedianya obat dari tanaman herbal yang murah dan dapat dijangkau seluruh masyarakat.

“Karena Indonesia ini kaya sekali akan tanaman herbal, sayang kalau tidak dimanfaatkan. Namun untuk memanfaatkannya dibutuhkan penelitian ilmiah agar kita mengetahui apa yang dimakan atau diminum tersebut benar-benar bermanfaat bagi tubuh,” pungkasnya

Baca Juga : Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kolesterol | Obat kolesterol Terbaik

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kolesterol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *